jump to navigation

Sejarah

Sejarah GELEGAR

Awal Januari tepatnya tanggal 08 Januari 1989, Pembina lapangan SLTP YWKA telah membentuk suatu wadah untuk mempersatukan dan lebih mempererat persaudaraan antar pembina lapangan. Wadah tersebut diberi nama GELEGAR yang memiliki arti semangat yang selalu menggebu dan selalu gigih dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu GELEGAR merupakan kepanjangan dari Generasi Lembah Gunung dan Alam Rimba.
Adapun keanggotaan GELEGAR itu sendiri merupakan anggota GELEGAR atau PRAMUKA dewasa yang telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.
Kegiatan yang selalu diadakan dalam wadah ini selalu mengacu pada tujuan Pramuka itu sendiri atau sesuai dengan kode etik Pramuka, karena pada dasarnya GELEGAR lahir dari Pramuka dan Pramuka itu Induk dari GELEGAR.

Sejarah MAHESA

Mahesa didirikan pada tahun 1989, tepatnya pada tanggal 10 Februari 1989 yang dilambangkan dengan kepala banteng dan memiliki warna merah, kuning, putih dan hitam.
Nama Mahesa diambil dari satu ksatria di dalam legenda Sunda yang bernama Mahesa Birawa yang memiliki kekuatan seperti Banteng. Oleh sebab itu regu Mahesa harus memiliki sifat-sifat ksatria.
Adapun mengambil nama Mahesa dikarenakan SLTP YWKA masih memiliki nama regu yang bermacam-macam. Untuk mempersatukan regu-regu putra tersebut agar tidak adanya perbedaan dan persaingan yang tidak sehat.

Sejarah WIJAYA KUSUMA

Awal Maret 1989 terbentuklah regu Wijaya Kusuma yang bertujuan mempersatukan regu-regu yang ada di Gudep 04002 ke dalam satu regu inti. Regu Wijaya Kusuma itu sendiri mempunya arti keharuman yang abadi. Sedangkan kiasannya melambangkan sifat yang tidak sombong dan selalu tampil atau berbunga pada malam hari, yang artinya saat orang terlelap tidur, regu Wijaya Kusuma bangun dengan indah dan harum, sehingga ini menjadi ciri khas Wijaya Kusuma yang selalu tampil lain daripada yang lain dengan tidak menghilangkan kaidah Pramuka yang sesuai aturannya.
Diharapkan dengan mengambil nama itu, anggota Wijaya Kusuma dapat menjaga keharuman dan wibawa yang telah diturunkan oleh generasi terdahulunya dengan berbagai prestasi, baik di sekolah dan organisasi maupun di dalam masyarakat.

JAYALAH WIJAYA KUSUMA

 

 

%d bloggers like this: